Membuat Internal Anchor Link untuk Menaikkan Posisi Peringkat di SERP Google

Cara membuat internal anchor link untuk menaikkan peringkat di SERP Google berguna jika keyword density yang ada sudah sangat kuat.

seo


Apa itu Anchor Link? Anchor Link lebih dikenal dengan link dalam satu halaman web untuk menandakan keyword khusus didalam halaman tersebut. Saya berpendapat ada tambahan definisi dari anchor link bahwa anchor link adalah link jangkar yang berupa hyperlink antar halaman web yang berfungsi khusus agar sebuah hyperlink dapat dinilai relevan yang sesuai dengan anchor text-nya. Perbedaan anchor link antar halaman web dengan hyperlink biasa adalah menambahkan attibute khusus di setting link-nya. Setting khusus tersebut berupa penambahan 'hash tag' dengan keyword target di belakangnya.

Sedangkan sebuah Anchor Text adalah text yang digunakan untuk mengidentifikasi 'judul' dari anchor link tersebut.



Berikut ini adalah contoh dari anchor link:

Internal Anchor Link

Berikut adalah konfigurasi HTML-nya:

<a href="http://boyskorean.blogspot.com/2015/02/seo-google-dengan-google-webmaster-tools.html#internal anchor link" target="_blank" title="Internal Anchor Link"><b>Internal Anchor Link</b></a>


Hash Tag yang berwarna hijau adalah kunci dari anchor link. Anchor Text adalah 'judul' dari link tadi yang diset warna merah muda diatas. untuk lebih jelasnya dapat dibaca di

http://w3schools.com/html/html_links.asp dibagian 'Name Attribute' atau di

http://www.w3.org/TR/html4/struct/links.html.

Ada beberapa website, blog dan online shop dari teman-teman saya yang saya research dengan tujuan untuk menaikkan posisi peringkatnya di SERP Google Indonesia untuk keyword-keyword target mereka. Hampir semuanya memiliki kekurangan yang sama yaitu tidak fokusnya internal anchor link yang dibuat, sehingga ranking di SERP Google selalu tidak berubah bahkan cenderung stagnan bahkan menurun.

Membuat internal link building akan sangat berpengaruh terhadap posisi peringkat di SERP Google karena Google akan melihat relevansi yang kuat dari internal anchor link building tersebut terhadap keyword utama yang ditargetkan di SERP Google.

Berikut adalah cara SEO mebuat internal anchor link building agar dapat menaikkan posisi peringkat blog atau website di SERP Google:

    Menggunakan target keyword untuk di SERP Google sebagai anchor text.
    Menautkan internal anchor link dengan anchor text dari target keyword ke URL domain jika URL domain yang diinginkan terlist di SERP Google untuk pencarian target keyword tersebut. Jika menginginkan URL sebuah posting yang terlist di SERP Google maka tautkan anchor link ke URL posting tersebut.
    Secara konsisten menautkan internal anchor link dengan anchor text yang sama ke URL yang sama.
    Hindari menautkan internal anchor link dengan anchor text yang sama ke URL yang berbeda. Tetapi menautkan internal anchor link dengan anchor text yang berbeda ke URL yang sama tidak menjadi masalah.
    Selalu menambahkan Title Attibute di setiap internal anchor link yang dibuat untuk menambahkan keyword density blog.

Faktor utama SEO khususnya SEO Google untuk internal link building ini adalah kuatnya keyword density blog dari target keyword. Jika keyword density di level blog dari target keyword sudah baik, membuat internal anchor link akan sangat membantu sekali menaikkan posisi peringkat blog di SERP Google. Google Seo

0 komentar: