Berbagai Manfaat Minyak Kelapa Sawit

Cium.xyz - Kelapa sawit merupakan tumbuhan penting yang telah dikenal oleh banyak masyarakat sebagai penghasil minyak industri juga bahan bakar. Produksi kelapa sawit telah mengalami kenaikan dua kali lipat selama beberapa dekade terakhir dan hampir sebagian diperdagangkan sebagai minyak sayur.
Manfaat Minyak Kelapa Sawit

Di Indonesia sendiri, saat ini sedang melakukan perluasan perkebunan kelapa sawit yang diharapkan mampu meningkatkan perdagangan kelapa sawit hingga 240 juta ton pada tahun 2050 mengingat saat ini permintaan dari seluruh dunia membeludak. ( baca: Menggiurkanya bisnis kelapa sawit di indonesia )

Diluar dari kontrovesi tentang kelapa sawit tahukan Anda bahwa selain dipergunakan sebagai minyak sayur, ada bayak macam manfaat kelapa sawit yang bisa kita pergunakan untuk kebutuhan sehari-hari?

Berikut adalah beberapa manfaat kelapa sawit yang masih jarang kita sadari:

Manfaat dan Kegunaan Minyak Kelapa Sawit

  1. Sebagai bahan kosmetik : Kelapa sawit dimanfaatkan selain untuk bahan bakar dan minyak juga dimanfaatkan sebagai bahan kecantikan. Seperti sabun Anda, lipstick Anda, hingga sabun bayi Anda pun kini hampir semua mengandung bahan minyak nabati yang berasal dari kelapa sawit. 
  2. Sebagai bahan makanan : Apakah Anda termasuk penikmat es krim? Seberapa seringkah Anda mengecek ingredients dari es krim yang Anda beli tersebut? Jika Anda mengecek, Anda akan menemukan kata minyak nabati di dalamnya yang mana seperti kita ketahui minyak nabati diproses dari kelap sawit itu sendiri. Pengembangan pemanfaatan kelapa sawit yang menghasilkan minyak nabati juga kini telah diterapkan pada berbagai macam jenis makanan yang bukan hanya es krim. 
  3. Mengurangi Berbagai Macam Penyakit : Manfaat kelapa sawit memang sangat mempengaruhi kehidapan masyarakat dari segi perekonomian hingga kesehatan. Biasanya bahan yang terbuat secara alami kemungkinan tidak memperburuk penyakit yang diderita, namun sebaliknya yaitu dapat mengurangi bahkan menyembuhkan penyakit. Berbagai penelitian yang dilakukan menyimpulkan bahwa manfaat kelapa sawit penghasil minyak sawit dapat mengurangi resiko penyakit diantaranya yaitu Alzheimer, penyakit trombosis arteri, penyakit aterosklerosis, penyakit katarak, gangguan kognitif hingga kanker. 
  4. Mempunyai nilai jual tinggi : Dari segi perekonomian kelapa sawit termasuk dalam 3 penghasil bisnis terbesar untuk indonesia, indonesia di kenal sebagai pengekspor kelapa sawit terbesar di dunia.
  5. Aman jika di konsumsi : di bandingkan minyak  yang berasal dari minyak bumi , minyak kelapa sawit tidak menyebabkan kolestrol bahkan malah mengandung beta carotin yang tinggi sebagai pro-vitamin A dan vitamin E.
  6. Dapat digunakan dalam jangka panjang : Minyak kelapa sawit adalah minyak dengan sumber bahan baku nya dari tumbuhan dan dapat diperbaruhi tidak seperti minyak bumi yang bahan baku nya di perkirakan akan habis.

0 komentar: