156 TKIB Dipulangkan dari Malaysia

Cium.xyz - Pemulangan TKIB dari Malaysia melalui Entikong Kabupaten Sanggau Kalimantan Barat rupanya tidak mengenal waktu. Hingga Januari 2016 ini saja sudah 156 dipulangkan ke daerah asal. Mereka berasal dari Pemulangan KJRI Kuching, Deportasi Pemerintah Malaysia, dan Pencegahan Petugas P4TKI Entikong dan Petugas Kepolisian, meninggal dunia dan terlantar.

TKI
Data yang dihimpun dari P4TKI Entikong menerangkan sebanyak 110 TKIB merupakan pemulangan dari Deportasi Pemerintah Malaysia, 21 TKIB merupakan pencegahan Petugas P4TKI Entikong dan Kepolisian, 14 TKIB merupakan pemulangan KJRI Kuching, 8 TKIB meninggal dunia, dan 3 TKIB terlantar di Entikong.

“Masih banyaknya pengiriman TKI secara nonprocedural mengakibatkan tidak akan pernah berhenti proses pemulangan TKIB dari Malaysia. Di tahun 2016 ini kita harus lebih bersinergi antarinstansi untuk meminimalisasi proses pengiriman TKI secara nonprosedural,” ujar Andi Kusuma Irfandi Koordinator P4TKI Entikong dalam keterangan tertulisnya.

Sementara itu Doni salah satu TKIB asal Tasikmalaya mengatakan dirinya ditipu salah satu agen di Balai Karangan. Saya dipekerjakan di kilang ayam dengan gaji yang tidak sesuai. Uang gaji habis untuk makan dan tempat tinggal saja, tidak bisa kirim uang ke kampung. Makanya saya lebih baik pulang ke Indonesia dan Alhamdulillah ada bapak-bapak BNP2TKI yang menolong saya. Saya harap agen-agen yang menipu TKI-TKI ini segera ditangkap.

Selain itu pula, P4TKI Entikong menemukan modus-modus pengiriman TKI secara nonprosedural dengan tujuan Brunei Darussalam. Selama Januari 2016, ada 5 orang TKI dengan Negara tujuan Brunei Darussalam yang berhasil dicegah keberangkatannya. Modus mereka adalah memiliki Kartu Asuransi namun ternyata tidak terdaftar di SISKOTKLN. Petugas P4TKI Entikong harus jeli dalam memeriksa keberangkatan TKI karena berbagai modus sekarang telah ditemukan.

“Saya tidak tahu pak kalo proses saya ini tidak resmi. Orang PT sudah bilang kalau saya ini TKI resmi namun ternyata mereka berbohong. Sekarang yang rugi saya pak. Sudah keluar uang banyak namun tidak jadi berangkat. Mohon pertemukan saya dengan orang PT itu pak,” keluh Mahali salah satu TKI yang keberangkatannya dicegah Petugas P4TKI Entikong.

Andi menambahkan tingginya lalu lintas keluar masuk TKI di Entikong ini membuat Petugas P4TKI Entikong harus jeli terhadap modus-modus pengiriman TKI secara nonprocedural dan juga harus membantu terhadap TKI-TKI yang dipulangkan dari Malaysia ataupun TKI yang terlantar


Baca Juga : Makin Mudah Mengurus Dokumen TKI

0 komentar: