Tentang Pelanggaran Ijin Tinggal ( Overstay dan Kerja Ilegal )



Overstay dan kerja illegal adalah dua kasus yang paling umum terjadi pada “pelanggaran ijin tinggal”.

tki



Secara umum, pekerja rumah tangga asing overstay jika ia tinggal melebihi batas akhir visa mereka.
Dalam kasus kontrak yang diputus sebelum berakhirnya visa, ia akan menghadapi dua situasi:

1. Jika sisa visanya lebih dari dua minggu, maka secara otomatis akan dipotong menjadi 14 hari terhitung mulai dari hari majikan memintanya untuk meninggalkan tempat kerja.
Untuk ini, dia harus melapor kepada Departemen Imigrasi sebelum masa berlaku dua minggu visanya berakhir.

2. Ketika sisa visanya kurang dari dua minggu, dia bisa tinggal di Hong Kong hanya sampai hari terakhir masa berlaku visanya. Tidak ada perpanjangan visa secara otomatis untuk 14 hari. Pada kasus ini, maka dia harus melapor pada Departemen Imigrasi sebelum visanya berakhir.
Dalam situasi dimana paspor tidak dipegang oleh pemilik, katakan ditahan oleh lembaga pinjaman uang, mereka tetap harus melapor dan memberitahu Departemen Imigrasi bahwa paspor mereka ditahan oleh lembaga yang disebutkan tadi. Setidaknya, anda telah menunaikan tanggung jawab anda untuk menunjukan diri dan menjelaskan ke pihak imigrasi status visa anda.

Tetapi bagaimanapun mengambil kembali paspor harus dilakukan karena imigrasi tidak akan mengambil langkah apapun sampai paspor ditunjukan ke mereka. Departemen Imigrasi juga bisa mengajukan kasus overstay terhadap anda jika dan ketika paspor tidak ditunjukkan ke mereka sebelum visa berakhir. Carilah bantuan ke lembaga-lembaga yang melayani pekerja migran untuk meminta saran bagaimana mendapatkan kembali paspor anda.
Jika seseorang gagal melapor, dia dapat ditangkap dan dituntut oleh Departemen Imigrasi.


Untuk menyamakan pemahaman tentang apa kerja ilegal ini, cukup dikatakan bahwa setiap pekerjaan yang dilakukan di luar tempat kerja (alamat yang ditulis dalam kontrak) dianggap ilegal. Bahkan jika pemilik tempat pekerjaan lain (alamat yang berbeda) adalah majikan itu sendiri, masih dianggap ilegal. Kontrak kerja yang disetujui oleh pihak yang berwenang, khususnya Departemen Imigrasi, yang secara khusus mengatur hanya pada tugas tempat kerja, tugas dan tanggung jawab pekerja rumah tangga dan majikan.
Poin-poin penting ketika digugat karena “pelanggaran ijin tinggal” atau pelanggaran lainnya, atau didatangkan untuk diwawancarai, atau keduanya:


a) Selama pemeriksaan, terdakwa harus diingatkan akan haknya seperti hak untuk tetap diam, hak menolak hal yang dapat memberatkan diri sendiri, bahwa apapun yang ia nyatakan dan ia tulis dan tandatangani oleh terdakwa dapat digunakan sebagai bukti melawan dirinya di pengadilan. Anda boleh memilih untuk tetap diam jika anda takut mungkin akan melakukan kesalahan selama penyelidikan. Diam adalah hak anda terutama jika anda pikir bahwa dengan menjawab pertanyaan mungkin justru akan memberatkan diri anda sendiri tanpa Anda menyadarinya.

Jika terdakwa memilih untuk bekerjasama dan menjawab pertanyaan selama penyelidikan atau pembuatan pernyataan, hal yang paling penting untuk diingat adalah untuk mendengarkan dengan seksama pertanyaan yang diajukan oleh penyidik dan menjawab dengan jelas. Semua pertanyaan dan jawaban anda (selama penyelidikan) akan dimasukkan secara tertulis dan petugas akan meminta anda untuk menandatangani pernyataan tersebut. Jangan terburu-buru. Baca dengan seksama setiap pertanyaan dan jawaban. Semua jawaban yang anda anggap tidak baik bagi anda dan merumitkan diri sendiri bisa anda hapus. Setelah menghapusnya, baru beri tanda tangan anda.

b) Biasanya, dalam kasus overstay, Imigrasi diuntungkan dengan memiliki bukti karena fakta dan dokumen tertentu sudah ada di tangan mereka: seperti catatan visa dikeluarkan dan masa berlakunya. Biasanya majikan melengkapinya dengan salinan surat pemutusan kontrak, sehingga Imigrasi tahu kapan kontrak itu diakhiri dan kapan “aturan dua minggu” dimulai.

Cara yang lebih baik dalam menghadapi persoalan ini adalah dengan menjelaskan keadaan diri anda dan meminta sedikit pertimbangan, menjelaskan alasan dan keadaan yang memaksa untuk tinggal di Hong Kong melampaui tanggal visa yang diijinkan. Seseorang juga dapat meminta Hakim untuk diberi keringanan hukuman tertentu.

c) Untuk kerja ilegal, tersangka boleh memilih untuk tetap diam memakai haknya untuk menolak hal yang dapat memberatkan dirinya.

d) Jangan melakukan kesalahan dengan mengatakan anda tidak tahu bahwa bekerja diluar tempat kerja yang disetujui (alamat yang ditulis dalam kontrak) adalah ilegal. Ketidaktahuan hukum bukanlah suatu alasan. Dengan anda mengatakan yang sebenarnya, maka sama artinya dengan mengaku bersalah.

e) Jika Imigrasi merasa sudah memiliki bukti-bukti untuk menuntut anda, namun tidak cukup untuk membawa masalah tersebut ke pengadilan, maka mereka akan menempatkan Anda dalam status “pengakuan atau recognizance” demi melanjutkan pengumpulan bukti-bukti untuk melengkapi persyaratan Pengadilan. Biasanya, terdakwa akan dimintai uang jaminan agar tidak dimasukkan ke penjara selama proses pengumpulan bukti berlangsung. Begitu mampu mengumpulkan bukti-bukti yang cukup, maka kemudian Imigrasi akan mengirimkan pemberitahuan kepada anda untuk melapor ke Pengadilan untuk sidang pembelaan. 

Di Pengadilan ini, anda akan diminta untuk mengaku “Bersalah” atau “Tidak Bersalah”. Ingat bahwa setelah diperdengarkan di Pengadilan, maka seluruh kasus sekarang dibawah wewenang Hakim. Jika kasus ini dinaikan ke Pengadilan, cara terbaik yang bisa anda lakukan adalah mencari bantuan hukum dan/atau saran dari pengacara atau lembaga layanan yang kompeten.

Bahkan ketika bukti yang dikumpulkan tidak memadai untuk sebuah kasus diterima di pengadilan, berdasarkan praktek umum mereka, Imigrasi mungkin saja memberi atau tidak memberi ijin bagi anda untuk menyelesaikan kontrak DAN, mungkin saja mengijinkan anda atau tidak untuk kembali dikontrak lagi. Kembalinya anda ke Hong Kong sangat tergantung pada berapa lama Imigrasi memutuskan untuk mengesahkan visa kerja anda. Namun siapkan diri untuk kemungkinan ditolak dan dalam kondisi ini, tidak ada salahnya jika anda mengajukan banding.

f) Namun, jalan yang terbaik adalah dengan menghindari untuk ditempatkan pada situasi yang buruk. Jika anda pikir bahwa majikan menyuruh anda melakukan pekerjaan ilegal seperti membersihkan kantor mereka, rumah kerabat, datang ke tempat usaha mereka diluar tempat kerja (rumah majikan), bertindaklah tegas. Segera beritahu Departemen Imigrasi untuk meminta saran. Untuk surat balasan dari Imigrasi, lebih baik cantumkan alamat teman atau lembaga yang membantu anda untuk menghindari konflik dengan majikan. Tapi begitu anda memberitahu Departemen Imigrasi, maka anda harus menggunakan surat balasan dari Imigrasi untuk menjelaskan kepada majikan tentang alasan anda tidak setuju bekerja ilegal.

Jika Imigrasi menanggapi bahwa itu adalah pekerjaan ilegal, segera beritahu majikan anda dan mulailah menolak untuk melakukan pekerjaan ilegal.
Jika penolakan anda mengarah ke pemutusan kontrak, beritahu Imigrasi dan Departemen Tenaga Kerja (Labour Department) segera. Karena anda telah menunaikan tanggungjawab anda, maka ada kesempatan yang lebih besar bahwa anda akan diijinkan untuk memproses kontrak baru di Hong Kong.

Jika setelah melapor, anda masih tinggal di rumah majikan selama beberapa bulan dan terus mengikuti perintah majikan untuk kerja ilegal, Departemen Imigrasi mungkin juga mengajukan kasus terhadap anda meski anda telah melaporkan masalah ini kepada mereka.

0 komentar: